BLANTERORIONv101

Kurikulum & Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia Untuk Usia Dini (U5 - U12), Usia Muda (U13 - U20) & Senior

11 Maret 2016
'Untuk Bangsaku demi berkumandangnya “Indonesia Raya” di pentas Piala Dunia' adalah salah satu petikan kalimat yang dituliskan dalam karya yata sebagai bagian dari persembahan serta bakti seorang Timo Scheunemann. Seorang pria kelahiran Kediri, 29 Nopember 1973, warga negara Indonesia keturunan Jerman yang merupakan praktisi sepak bola yang malang
melintang di dunia kepelatihan sepak bola Indonesia. 
Timo Scheunemann
(source : id.wikipedia.org)

Beliau bersama rekannya Claudio Reyna, DR. Javier Perez, DR. Paul Gunadi serta rekan-rekannya yang lain berhasil meluncurkan sebua buku yang berisi kurikulum dan pedoman dasar pembinaan sepak bola dari usia muda yang saya kira sekarang telah menjadi pedoman dasar dan kurikulum di sebagain besar Sekolah Sepak Bola di Indonesia. Coach Timo (pangilan akrab beliau) meluncurkan buku tersebut secara gratis dan direlease secara langsung oleh PSSI pada tahun 2012 silam. Buku tersebut juga mendapat restu secara langsung dari Prof. Dr. Ir Djohar Arifin Husin selaku Ketua Umum PSSI pada waktu itu.

Buku tersebut berisi tentang kurikulum pendidikan dan pembinaan sepak bola usia dini serta pedoman dasar kepelatihan sepak bola untuk usia dini, usia muda dan senior. Buku tersebut menjelaskan mengenai prinsip bermain secara garis besar dan spesifik bagi pelatih, pemain dan tim, konsep melatih, kurikulum sekolah sepak bola sesuai kelompok umur, kesalahan-kesalahan umum dalam hal organisasi dan program latihan, teori sepak bola modern, teori melatih secara modern, berbagai variasi latihan, cara mencegah dan merawat cedera, pemahaman dasar peraturan permainan sepak-bola, dan lain sebagainya. Semua materi tersebut disajikan secara jelas dan spesifik dalam buku yang terdiri dari 278 halaman tersebut.

Untuk lebih jelasnya, buku Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia tersebut dapat didownload pada link di bawah ini berupa file pdf yang terdiri dari 2 bagian.

Untuk file dan dokumen yang lain dapat dilihat dan di untuh pada link berikut :



Selain itu, file Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia ini juga dapat di download pada situs resmi PSSI (www.pssi.or.id)
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.